Minggu(21/11/2021), HMPS D-III Teknologi Laoratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang mengadakan kegiatan Donor Darah bersama PMI dalam rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang mengangkat tema “a little blood for a big hope”.  Kegiatan yang dilaksanakan bersama Unit Donor Darah PMI Provinsi Sumatra Selatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan seputar kegiatan donor darah kepada keluarga besar Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, meningkatkan rasa kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan melalui kegiatan donor darah, dan menunjukkan rasa kemanusiaan serta menciptakan rasa saling tolong-menolong antar sesama.

Kegiatan ini diadakan secara offline dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dipusatkan di Kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medis yang langsung dibuka secara langsung oleh Ketua Jurusan Teknologi Laboratorium Medis yaitu Ibu Nurhayati, S.Pd.,S.KM., M.Kes. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Teknologi Laboratorium Medis mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang.

Tidak hanya sekedar mendonorkan darahnya, tetapi para pendonor yang hadir juga mendapatkan edukasi seputar donor darah yang disampaikan langsung oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Provinsi Sumatra Selatan yaitu Bapak dr.KMS Ya’kub R, Sp.PK, M.Kes.  Sosialisasi yang berjudul Donor Darah sebagai Gaya Hidup itu telah memberikan banyak informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh mahasiswa mahasiswa yang hadir seperti manfaat menjadi pendonor, siapa saja yang bisa menjadi pendonor, prosedur donor darah, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini memiliki sasaran seluruh civitas akademika Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang dan terdapat 45 mahasiswa dan 1 dosen dari jurusan Teknologi Laboratorium Medis yang mendaftar dalam kegiatan ini untuk mendonorkan darahnya. Dikarenakan tidak sembarang orang yang bisa mendonorkan darah, terdapat beberapa syarat-syarat yang harus dipatuhi sebelum mendonorkan darah seperti berat badan lebih dari 50kg, tidur lebih dari 6 jam, Hb yang normal, tekanan darah normal, tidak sedang dalam keadaan hamil dan menstruasi. Jadi dari seluruh 46 pendaftar kegiatan donor darah tersebut terdapat 28 orang yang dapat mendonorkan darahnya termasuk satu dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medis yaitu Bapak M. Ihsan Tarmizi, S.Pd., M.Pd. Berat badan yang kurang dari 50kg yang menjadi kendala utama 18 orang pendaftar dalam kegiatan ini tidak dapat mendonorkan darahnya.

Leave a Comment

sixteen − 9 =