Kebutuhan akan tenaga Ahli Madya Analis Kesehatan timbul karena adanya perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan serta meningkatnya kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Masyarakat yang semakin maju menginginkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas dan agar keinginan tersebut dapat terwujud maka pelayanan kesehatan harus dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang berkualitas.

Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Palembang sebagai salah satu institusi Pendidikan Diploma III Analis Kesehatan diselenggarakan dalam upaya untuk menghasilkan tenaga-tenaga Ahli Madya Analis Kesehatan yang berkualitas sebagai suatu aset dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada umumnya dan pelayanan analis kesehatan pada khususnya.

Program Studi Diploma Analis kesehatan didirikan pada tanggal 16 April 2001 dengan Nomor SK pendirian No. 298/Menkessos/SK/1/V/2001. Pada tanggal 10 oktober 2012 berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 355/E/O/2012, tentang alih bina penyelenggaraan program studi pada politeknik kesehatan kemenkes kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan, telah terjadi alih bina program studi analis kesehatan dari kemenkes kepada kemendikbud. Program Studi Diploma Analis kesehatan telah mendapatkan peringkat akreditasi B sesuai Nomor SK HK.06.01/IV/3/01352/2010 tanggal 9 Juli 2010 dari kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.