Senin (20/2/2023), mahasiswa tingkat III Prodi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Poltekkes Kemenkes Palembang kembali melaksanakan kegiatan akademik di lahan praktik atau Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan PKL dilaksanakan di lahan praktik dalam kota Palembang, yakni Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang (RSMH) dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK). Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dalam kota akan dilaksanakan selama 4(empat) minggu yang akan berlangsung dari tanggal 20 Pebruari s/d 18 Maret 2023. PKL ini diikuti seluruh mahasiswa tingkat akhir (semester 6) sebanyak 68 orang mahasiswa, dengan masing-masing lahan sebanyak 34 orang di RSMH, dan 34 orang di BBLK Palembang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan di lahan praktik (RSMH dan BBLK) selanjutnya dilakukan pembekalan oleh bagian Diklat RSMH dan BBLK di masing-masing lokasi lahan praktik. Pembukaan kegiatan PKL di RSUP Dr. Mohammad Hoesin dilakukan oleh Ketua Jurusan TLM Poltekkes Kemenkes Palembang (Ibu Nurhayati, S.Pd.,SKM.,M.Kes) dan didampingi dosen pembimbing lainnya. Sedangkan pembukaan kegiatan PKL di BBLK dilakukan oleh Sekretaris Jurusan TLM Poltekkes Kemenkes Palembang (Bpk. Karneli, S.Pd., M.Kes) dan didampingi dosen pembimbing lainnya.

Kegiatan PKL yang dilaksanakan tersebut bertujuan mengasah kemampuan peserta didik dengan beberapa capaian pembelajaran yang harus dipenuhi, terutama terkait kompetensi peserta didik yang dipersiapkan menjadi tenaga ahli laboratorium medis (ATLM). Beberapa kompetensi yang akan dicapai pada kegiatan ini, yakni kompetensi pemeriksaan laboratorium pada bidang bakteriologi, patologi, kimia klinik, hematologi, imunologi, parasitologi, dan pelayanan darah. Selain itu peserta didik juga diberi kesempatan untuk melakukan dan merasakan langsung kegiatan pemeriksaan di lahan praktik dengan ikut melakukan pemeriksaan secara nyata kepada masyarakat/pasien.

Leave a Comment

10 − 6 =