Palembang, Selasa 04 Juli 2023. Poltekkes Kemenkes Palembang Program studi D3 Teknologi Laboratorium Medis menjalani proses Asesmen Lapangan yang dilaksanakan di kampus Prodi D3 TLM Sukabangun Palembang.

Tim asesor yang bertugas yaitu Asesor I (Dewi Inderiati, S.Si., M.Biomed ) dan Asesor II (Dr.Arina Novilla,S.Pd., M.Si) tim dari LAM-PTKes. Disamping tim Asesor, kegiatan ini tentunya juga dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, Apt., MM., M.Kes), Wakil Direktur I ( Diah Navianti, S.Pd., M.Kes), Wakil Direktur II (Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, M.Kes), Wakil Direktur III (Bapak Lukman, S.Kep., Ners., MM., M.Kep), Kasubag ADAK (Bapak Octavianus BTH, SKM, MM) Kasubag ADUM (Ibu Veratiwi, SST, M.Keb), Kajur/Kaprodi D3 Teknologi Laboratorium Medis ( Ibu Nurhayati, S.Pd., SKM, M.Kes), seluruh pejabat, dosen Prodi D3 TLM , Kapus, Ka Unit, Koordinator, Ka Instalasi serta semua pengelola UPPS dan PS ikut mendukung kegiatan ini.

Kegiatan Asesmen Lapangan diawali dengan Kedatangan Assesor diawali penyabutan oleh direktur beserta pejabat serta  dosen D3 TLM dan juga mahasiswa dilanjutkan dengan melihat kelengkapan sarpras yang pertama  keruangan Hmj/Hmps(Himpunan Mahasiswa Jurusan/Himpunan Mahasiswa Program Studi)dan kunjungan melihat  ke fasilitas laboratorium Pendidikan Teknologi Laboratorium Medis di lantai 5,serta dilanjutkan melihat  ke lantai 4 ,ruang Upm,kaprodi/kajur , adak,adum dan bmn , serta melihat fasilitas perpustakaan prodi  ,ruang dosen ,ruang kelas dan

dilanjutkan pembukaan resmi jam 13.00 WIB diruang rapat tlm, sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, Apt., MM., M.Kes) Sebagai pimpinan, beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada (Dewi Inderiati, S.Si., M.Biomed ) dan (Dr.Arina Novilla,S.Pd., M.Si) yang dalam 3 hari ke depan akan melakukan asesmen lapangan di prodi D3 TLM. Mohon maaf jika dalam pelaksanaan Asesmen Lapangan ini ada hal-hal yang tidak pada tempatnya, pada prinsipnya kami akan berusaha memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tukasnya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua tim Asesor dari LAMPT-Kes (Ibu Dewi Inderiati, S.Si., M.Biomed), dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga dengan sambutannya yang luar biasa.

Kegiatan selanjutnya adalah paparan Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang (Bapak Muhamad Taswin, Apt., MM., M.Kes). Pada paparannya Direktur menyampaikan profil Poltekkes Kemenkes Palembang secara detil, dimana memiliki 7 Jurusan dan 17 Prodi yang tersebar pada 4 Kabupaten. Institusi yang memiliki Visi “ Menjadi Institusi Pendidkan Tinggi Kesehatan yang Unggul dan Bermartabat di Tingkat Nasional pada tahun 2024 serta Misi yang menyertainya. Rencana Induk Pengembangan (RIP), melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan konsep PPEPP (Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan). Berbagai kepemimpinan publik yang diemban oleh Direktur. Disamping mempunyai banyak hubungan kerjasama dengan institusi didalam negeri, Poltekkes Kemenkes Palembang juga mempunyai beberapa jalinan kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di Luar Negeri seperti dengan University College of MAIWP International (UCMI) Malaysia. Animo pendaftaran mahasiswa baru setiap tahunnya selalu meningkat bahkan di tahun 2022 mencapai 14.690 pendaftar. Berbagai upaya telah dilaksanakan dalam rangka mengembangkan institusi, sarana, prasarana maupun sumber daya manusianya, tuturnya.

Dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Prodi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Palembang (Nurhayati, S.Pd., SKM, M.Kes). Secara umum beliau menyampaikan profil Prodi Diploma Tiga Teknologi Laboratorium Medis dan profil kepemimpinannya yang berisikan struktur organisasi, kepemimpinan publik, kegiatan kemahasiswaan seperti kuliah umum dan kuliah pakar. Prestasi dosen dan mahasiswa baik secara akademik maupun non akademik, tingkat nasional maupun internasional. Beliau juga menyampaikan profil dosen, struktur kurikulum, sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan proses belajar mengajar, bahwasanya ada 12 Laboratorium penunjang yang canggih dan perpustakaan yang telah menggunakan e-library system. Disamping itu juga disampaikan bahwa para dosen telah mempublikasikan hasil penelitiannya ke jurnal – jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional bahkan yang terindeks scopus.

Di hari pertama langsung dilanjutkan dengan asesmen lapangan, sarana prasarana berupa ruang kelas, laboratorium, ruang dosen, ruang pimpinan, area parkir, musholla, gedung pertemuan, hingga fasilitas pendukung kegiatan kemahasiswaan ditunjukkan pada asesor.

Leave a Comment

18 + eighteen =