Dalam pelaksanaan pendidikan, proses pembelajaran yang terjadi tidak terbatas di dalam kelas saja. Pengajaran yang berlangsung pada pendidikan ini lebih ditekankan pada pengajaran yang menerobos di luar kelas, bahkan di luar institusi pendidikan seperti lingkungan kerja, alam atau kehidupan masyarakat. Dalam hal ini praktik kerja lapangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistim program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan (KAP) yang diperoleh pada proses belajar mengajar (PBM).

Lahan praktik sebagai sarana belajar mengajar utama untuk mewujudkan profesional/mahasiswa, dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan keterampilan secara utuh dari seorang mahasiswa yang telah mendapat pelajaran teori di kelas atau praktik di laboratorium/bengkel kerja.

Dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa tingkat akhir Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Palembang, dipandang perlu untuk diberikan pengetahuan dan wawasan agar memiliki penguasaan pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) yang dapat dipraktikkan secara utuh di lapangan.

Untuk itu pada semester akhir sesuai dengan kurikulum Jurusan Analis Kesehatan, diselenggarakan kegiatan Praktik Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PPKM). PPKM tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 19 Februari sampai dengan 4 Maret 2018. PPKM dilaksanakan di tujuh(7) Rumah sakit Pemerintah dan Swasta di beberapa Kabupaten SUmatera Selatan.

Leave a Comment