Pengabdian Masyarakat

 

Pengabdian Pada Masyarakat

 

Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang adalah salah satu unit pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi khususnya diploma III dan diploma IV dengan enam jurusan yaitu Jurusan Keperawatan, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Jurusan Farmasi, Jurusan Analis Kesehatan, dan Jurusan Keperawatan Gigi. Sebagai suatu unit pendidikan tinggi, Politeknik Kesehatan Palembang harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan,dan pengajaran, penelitian, dan  pengabdian masyarakat. Kegiatan pendidikan dan penelitian telah dilaksanakan di jurusan masing-masing sesuai ciri masing-masing jurusan. Kegiatan pengabdian  masyarakat dapat dilaksanakan secara terpadu oleh ke enam jurusan, beberapa jurusan saja, atau jurusan masing-masing. Hal ini tercermin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu, pasal 24 UU Diknas menyatakan adanya otonomi Perguruan Tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sesuai dengan visi dan misi Politehnik Kementerian Kesehatan Palembang dan Unit Pengabdian kepada Masyarakat Politehnik Kementerian Kesehatan Palembang, maka Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Palembang diharapkan dapat berperan besar dalam melakukan berbagai kegiatan nyata sebagai pengamalan teori-teori keilmuan khususnya penerapan Teknologi Tepat Guna berbasis IPTEKS di bidang kesehatan untuk mengatasi masalah yang terjadi di lapangan sehingga selalu diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang dapat memberi dampak dan manfaat secara langsung pada masyarakat.  Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat antara lain meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan civitas akademik sekaligus meningkatkan jumlah civitas akademik yang melakukan pengabdian kepada masyarakat, mempercepat upaya pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan perkembangannya dalam proses modernisasi dan pembangunan kesehatan, mengadakan komunikasi langsung dengan masyarakat dalam rangka mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah dinamika masyarakat yang siap menempuh perubahan-perubahan dengan nilai-nilai sosial yang ada serta membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi pemerintah maupun masyarakat dengan metode ilmiah secara Praktis.

Kegiatan Pengabdian masyarakat rutin diadakan oleh civitas Analis Kesehatan sebanyak dua kali dalam setahun dan telah berlangsung selama 5 tahun terakhir di Sekolah Dasar Negeri di wilayah kerja (kecamatan Sukarami Palembang). Kegiatan Pengabmas Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Palembang antara lain : pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan infeksi kecacingan pada siswa, pemeriksaan fisik pada siswa, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat pada guru serta pemeriksaan tekanan darah pada guru.