• slide-analis1.jpg
  • slide-analis2.jpg
  • slide-analis4.jpg
  • slide-analis3.jpg

Aplikasi | WEB

Aplikasi yang digunakan sebagai layanan akademik baik bagi Mahasiswa, Dosen maupun BAAK.

e-Learning

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adip iscing elit. Sed rutrum posuere dui,

Read More

e-Library

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adip iscing elit. Sed rutrum posuere dui,

Read More

Academic Portal

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adip iscing elit. Sed rutrum posuere dui,

Read More

SIPENMARU

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adip iscing elit. Sed rutrum posuere dui,

Read More

Pengumuman

Pembagian kelompok, Lahan PKMD tahun 2017 klik disini  Nama-nama pembimbing dan Jadwal Supervisi pembimbing PKMD bisa dilihat disini...
Jadwal Seminar Proposal KTI tahun 2017 download disini
More inPengumuman  

Workshop Item Development dan Item Review

Workshop Item Development dan Item Review


Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan mutu lulusan (sumber daya manusia) yang memiliki daya saing yang tinggi dan mempunyai kompetensi yang dapat memenuhi tuntutan pengguna. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1796/Menkes/Per/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan disebutkan bahwa setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR (Surat Tanda Registrasi). Untuk memperoleh STR tersebut, semua tenaga kesehatan harus memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi. Ijazah dan sertifikat kompetensi diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi.

Perencanaan penilaian hasil pembelajaran dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standar, salah satunya diperlukan adanya soal-soal evaluasi yang sesuai dengan uji kompetensi (item development). Pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan uji kompetensi mencakup pengembangan berbagai strategi yang dimulai dengan pembuatan soal-soal dalam bentuk item development, pelaksanaan try out terhadap soal-soal item development, dan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran terhadap soal-soal item development. Penilaian hasil belajar merupakan penilaian terhadap ketercapaian hasil belajar dan kompetensi peserta didik baik yang dilakukan oleh dosen maupun oleh satuan pendidikan.

 Untuk menghadapi uji kompetensi tenaga kesehatan tersebut maka diperlukan workshop Penyusunan Soal(Item Development) dan Analisis Soal (Item Review) bagi tenaga dosen khususnya di lingkungan Program Studi D III Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Palembang yang bertujuan :

1.      Menghasilkan perangkat penilaian hasil pembelajaran dalam bentuk soal-soal yang sesuai dengan item development untuk 7 (tujuh) mata kuliah kompetensi Analis Kesehatan yaitu Hematologi, Kimia Klinik, Bakteriologi, Parasitologi, Imunoserologi, Toksikologi, dan Sitohistoteknologi.

2.      Setiap dosen mampu menyusun soal-soal untuk mencapai kompetensi mata kuliah secara optimal, mempunyai validitas yang tinggi dengan analisis yang dapat diterima secara nasional serta dapat terbentuk bank soal sebagai persiapan Uji Kompetensi tahun 2017.

 

A.    BENTUK KEGIATAN

Materi yang diberikan dalam Workshop Penyusunan Soal (Item Development) dan Analisis Soal (Item Review) ini adalah kompetensi esensial dari mata ajar, penyusunan dan kriteria soal yang baik, dan teknik-teknik review soal.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, kemudian dilakukan diskusi kelompok dimana setiap kelompok membahas soal sesuai blue print yang telah ditentukan lalu dianalisis. Soal yang telah dianalisis kemudian dipresentasikan untuk ditanggapi kepada peserta kelompok lain dan narasumber. Pada akhir workshop, peserta diminta untuk mengumpulkan soal yang telah dianalisis yang kemudian akan disatukan menjadi bank soal sebagai persiapan uji kompetensi nasional.

 

B.     MANFAAT KEGIATAN

Diharapkan dari kegiatan workshop ini dapat menghasilkan suatu perangkat penilaian hasil pembelajaran dalam bentuk soal-soal yang sesuai dengan item development dan juga dosen dapat menganalisis dan menghasilkan soal-soal yang dapat digunakan dalam uji kompetensi sehingga dapat memberikan arahan dalam melaksanakan proses penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan uji kompetensi lulusan analis kesehatan.

C.    NARASUMBER DAN FASILITATOR

Dalam kegiatan workshop ini narasumber berjumlah 1 (satu) orang yang berasal dari: Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi (LPUK) dan sebagai fasilitator berasal dari Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Palembang.

 

D.    PESERTA

      Peserta berasal dari Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Palembang berjumlah 26 orang.

 

E.     TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

     Tempat yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah di Hotel The 101 Palembang.  Waktu pelaksanaan dari tanggal 15-16 Mei 2017.

Dokumentasi Kegiatan

Sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang

 

 

 

 

 

Foto Bersama

Narasumber : dr. Yulherina, M.Sc

kegiatan pembahasan soal

info | BERITA

Dokumentasi Kegiatan Rapat Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi Jurusan DIII Analis Kesehatan Hari I dengan Narasumber Prof. Dr. Ir. H. Dedik Budianta, MS Foto bersama Narasumber simbolis...
article thumbnailWorkshop Item Development dan Item Review Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan mutu lulusan (sumber daya manusia) yang memiliki daya saing yang tinggi dan mempunyai kompetensi yang dapat...
Info Berita 5
Tuesday, 21 February 2017
article thumbnailPraktek Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan mempraktikkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan...
More inInfo Berita